KORELASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP INVERTEBRATA (Studi Korelasional di Kelas X IPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

SALIM, MUHAMMAD DANIATUL HILMI (2021) KORELASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP INVERTEBRATA (Studi Korelasional di Kelas X IPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI M DANIATUL HILMI SALIM 162154073 PENDIDIKAN BIOLOGI UNSIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dalam menjalankan proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan tentu dibutuhkan adanya proses berpikir yang selanjutnya berpengaruh terhadap proses penyelesaian masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konsep invertebrata. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasional. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas XI IPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 8 kelas yang terdiri dari 288 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak 2 kelas yakni X IPA 1 dan X IPA 7 berjumlah 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen non tes berbentuk angket sebanyak 40 butir pernyataan dengan 4 options untuk mengukur kemampuan metakognitif, dan 13 butir soal berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dengan bantuan aplikasi perangkat lunak SPSS versi 23 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konsep invertebrata dengan koefisien korelasi sebesar 0,783 artinya memiliki keeratan hubungan yang tinggi. Kontribusi kemampuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah adalah 61,30% sedangkan sisanya 38,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konsep invertebrata di kelas X IPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya. Kata kunci: Korelasi; Kemampuan Metakognitif; kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:23
Last Modified: 13 Jul 2021 04:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item