PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR VISUAL DAN AUDITORIAL (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Terpadu Riyadlul’Ulum Wadda’wah Putri Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/ 2019)

ASIH, WULAN (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR VISUAL DAN AUDITORIAL (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Terpadu Riyadlul’Ulum Wadda’wah Putri Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5 BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
6 BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7 BAB III.pdf

Download (841kB)
[img] Text
8 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia yang proses pembelajarannya menggunakan gaya belajar visual dan auditorial studi eksperimen di kelas VIII SMP Terpadu Riyadlul’Ulum Wadda’wah putri Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan Oktober 2018 di SMP Terpadu Riyadlul’Ulum Wadda’wah Putri Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Terpadu Riyadlul’Ulum Wadda’wah Putri Kota Tasikmalaya, sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 217 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sample sebanyak 2 kelas, dengan jumlah 74 orang, yaitu kelas VIII A sebagai kelas yang proses pembelajarannya menggunakan gaya belajar visual dan VIII B sebagai kelas yang proses pembelajarannya menggunakan gaya belajar auditorial. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia. Tes tertulis ini berupa pilihan majemuk dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia yang proses pembelajarannya menggunakan gaya belajar visual dan auditorial studi eksperimen di kelas VIII SMP Terpadu Riyadlul’Ulum Wadda’wah putri Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Gaya Belajar Visual, Auditorial, Hasil Belajar, dan Sistem Pencernaan Makanan Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:51
Last Modified: 13 Aug 2019 09:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item