STRATEGI PASS MARKETING DALAM PILKADA (Studi Analisis Peran Local Strongman Dalam Kemenangan Jeje Wiradinata dan Adang Hadari Pada Pilkada Kabupaten Pangandaran Tahun 2015)

SETIAWAN, JONATHAN (2021) STRATEGI PASS MARKETING DALAM PILKADA (Studi Analisis Peran Local Strongman Dalam Kemenangan Jeje Wiradinata dan Adang Hadari Pada Pilkada Kabupaten Pangandaran Tahun 2015). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Pilkada langsung merupakan arus balik politik lokal atau sering disebut pergeseran dari sistem elite vote ke popular vote. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ciamis selaku penyelenggara pemilihan kepala daerah Kabupaten Pangandaran menetapkan Jeje-Adang untuk menjadi pimpinan daerah di Kabupaten Pangandaran. Berhasilnya pasangan ini meraih suara secara signifikan dalam Pilkada Pangandaran salah satunya ditentukan oleh Marekting politik yang diterapkan oleh calon bupati dan tim suksesnya. Marketing politik yang diterapkan adalah Pass Marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis strategi Pass Marketing pada kemenangan pasangan calon Bupati Jeje Wiradinata dan Adang Hadari Dalam Pilkada Pangandaran Tahun 2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Pass Marketing pada kemenagan pasangan calon Bupati Jeje Wiradinata dan Adang Hadari Dalam Pilkada Pangandaran Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan prosedur analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang (Local Strongman, Ketua timses, Tokoh pemuda, Tokoh Nelayan, dan pihak KPU Pangandaran) yang di peroleh dengan teknik purposive sampling dan Snowballsampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Milles dan Huberman melalui Reduksi data, Penyajian data, penyimpulan dan Verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa Pass Marketing merupakan penyampaian produk politik kepada influencer group atau pihak-pihak yang memiliki pengaruh di masyarakat. Pihak-pihak yang berpengaruh dimasyarakat dalam penelitian ini disebut Local Strongman. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa Peran Gabel sebagai Local Strongman dapat berperan dalam memenangkan kontestasi politik di Pilkada di Kab. Pangandaran dengan posisi Local Strongman sebagai aktor yang kuat dan dalam kehidupan sehari-hari aktor memiliki “tempat” tersendiri di masyarakat. Posisi Local Strongman di masyarakat didukung oleh beberapa faktor modal, kultur budaya, sosial, selain popularitasnya, tidak terlepas dari kultur budaya masyarakat yang menghormati garis keturunan sebagai Tokoh Nelayan. Serta didukung dengan profesi sebagai pengusaha yang mempunyai jaringan luas dan memiliki tingkat kepercayaan dari masyarakat yang sudah banyak merasakan perjuangannya. Kata Kunci: Pass Marketing, Pilkada, Local Strongman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:26
Last Modified: 21 Jun 2021 03:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item View Item