PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANTU MEDIA CONTEXTUAL PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMPN 4 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

FEBI NUGRAHA, WINDI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANTU MEDIA CONTEXTUAL PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMPN 4 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI WINDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dibantu media contextual puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018 sampai bulan Januari 2019. Metode penelitian ini menggunakan true experimental dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya sebanyak 10 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 318 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII A sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada materi ciri-ciri makhluk hidup yang berjumlah 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning dibantu media contextual puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ciri-ciri makhulk hidup di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Problem Based Learning, Contextual Puzzle, Ciri-ciri Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:51
Last Modified: 13 Aug 2019 09:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item