PERAN PENCIPTAAN NILAI BERSAMA DALAM MEMBANGUN KOMITMEN KONSUMEN DAN MEREK BUDAYA

RAYA MAHESA, TEUKU (2021) PERAN PENCIPTAAN NILAI BERSAMA DALAM MEMBANGUN KOMITMEN KONSUMEN DAN MEREK BUDAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Full Teuku Raya Mahesa_163402092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti perbedaan budaya antara negara asal perusahaan dengan negeara pasar tujuan yang masih menjadi topik menarik untuk dikaji dalam bidang pemasaran. Hal ini juga berlaku pada perkembangan industry ritel di Indonesia, dimana beberapa perusahaan ritel dari luar negeri sulit beradaptasi dengan budaya Indonesia. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari brand identity, brand awareness, value co-creation, consumer commitment dalam membentuk culture brand. Penelitian ini bersifat deskriptif dan empiris. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada 284 responden yang merupakan konsumen ritel luar negeri di Indonesia yang telah bertransaksi lebih dari minimal 5 kali dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menunjukkan bahwa brand identity dan brand awareness mempengaruhi value co-creation, value co-creation mempengaruhi consumer commitment dan culture brand, sedangkan consumer commitment tidak mempengaruhi culture brand. Sehingga ketika perusahaan ritel luar negeri hendak membuka cabangnya di Indonesia, mereka dapat sesegera mungkin melakukan aktifitas value co-creation dengan konsumen. Tujuannya agar merek yang awalnya telah dikenal oleh konsumen serta konsumen sadar dengan merek yang mereka tuju, akan dapat menciptakan sebuah merek budaya yang baru hasil dari kesepakatan bersama antara produsen dan konsumen di Indonesia. Kata kunci: brand identity, brand awareness, value co-creation, consumer commitment, culture brand

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:11
Last Modified: 18 Jun 2021 03:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item