RAHMANIAH, MESA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (769kB) |
|
Text
BAB 1 Revisi.pdf Download (94kB) |
|
Text
BAB II Revisi.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB III Revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV Revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
BAB V Print.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan-keterampilan dalam ilmu sains perlu untuk ditingkatkan pada peserta didik karena berpengaruh pada hasil belajar peserta didik, sehingga perlu diadakan perbaikan terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model yang efektif. Salah satu model yang efektif dalam meningkatan KPS dan hasil belajar peserta didik yaitu guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah true experiment dengan desain randomized pretest�posttest control group design. Populasi pada penelitian berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 196 peserta didik kelas, dengan sampel sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol, yang dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan statistika parametrik yang dilakukan uji analysis of covariance (ANCOVA) yang dibantu dengan software SPSS versi 24. Hasil analisis dibuktikan dari hasil sig 0,00 ˂ 0,05, artinya model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar. Keterampilan proses sains yang meningkat pada indikator merancang percobaan dan hasil belajar pada indikator menganalisis. Tidak hanya meningkatkan pada indikator keterampilan proses sains dan hasil belajar saja, akan tetapi meningkatkan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Model Guided Inquiry
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 06:40 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 06:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2567 |
Actions (login required)
View Item |