PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERSTRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP MEKANISME PERNAPASAN MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019)

FITRIANI, RAHMAH (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERSTRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP MEKANISME PERNAPASAN MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6. BAB II2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learrning berstrategi metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis sebanyak 5 kelas yang terdiri dari 152 peserta didik. Sampel yang digunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 40 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikasi (α) = 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa problem based learning berstrategi metakognitif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia di kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih, Kab. Ciamis tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci :Problem based learning, strategi metakognitif, hasil belajar, mekanisme pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:50
Last Modified: 13 Aug 2019 09:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item