Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Sub Konsep Daur Biogeokimia di Kelas X MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis

FARHAN FAUZAN, MUHAMMAD (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Sub Konsep Daur Biogeokimia di Kelas X MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5 SKRIPSI (M.Farhan Fauzan) BAB 1 FIXX.pdf

Download (242kB)
[img] Text
6 SKRIPSI (M.Farhan Fauzan) BAB 2 FIXX.pdf

Download (451kB)
[img] Text
7 SKRIPSI (M.Farhan Fauzan) BAB 3 FIXX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 SKRIPSI (M.Farhan Fauzan) BAB 4 FIXX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9 SKRIPSI (M.Farhan Fauzan) BAB 5 FIXX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
10 Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

Pendidikan saat ini masih terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran yang monoton, tidak mengarah kepada kegiatan kolaboratif berupa proyek dan selain itu media pembelajaran masih selalu berorientasi pada produk yang dibuat oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek Pop Up Book dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep daur biogeokimia kelas X MIPA. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cihaurbeuti Kabupaten Camis pada bulan April 2019. Dari 8 kelas yang dipilih, kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol sedangkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan berdasarkan hasil uji t hasil belajar diperoleh thitung= -43,32 dan ttabel= 2,03. Perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel jadi Ha diterima atau tolak Ho. Hal ini dapat diartikan bahwa Hasil Belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol ada perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek Pop Up Book terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep daur biogeokimia kelas X MIPA di SMAN 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis proyek Pop Up Book, Hasil Belajar, Daur Biogeokimia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:49
Last Modified: 13 Aug 2019 09:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item