ANALISIS KAPASITAS SISTEM DRAINASE JALAN KH. ZAENAL MUSTOFA DENGAN PEMODELAN EPA SWMM 5.1

RUBIAH, SITI (2021) ANALISIS KAPASITAS SISTEM DRAINASE JALAN KH. ZAENAL MUSTOFA DENGAN PEMODELAN EPA SWMM 5.1. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Permasalahan tata air di daerah urban meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Semakin bertambahnya kepadatan penduduk, keberadaan daerah resapan air semakin berkurang. Permasalahan yang terjadi adalah genangan air yang terjadi di Jalan K.H Zaenal Mustofa Kota Tasikmalaya. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan drainase perkotaan dan kapasitas sarana pengendali banjir untuk mengeringkan kawasan terbangun dan mengalirkan air ke saluran pembuang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode manual dan pemodelan EPA SWMM 5.1. Analisis manual dilakukan untuk menghitung intensitas hujan dan debit banjir rencana di hulu saluran STGEDE yang diperlukan sebagai data inputan pemodelan EPA SWMM 5.1 untuk mengevaluasi kapasitas saluran eksisting. Hasil pemodelan EPA SWMM selanjutnya digunakan untuk menentukan solusi penanganan masalah banjir di Jalan K.H Zaenal Mustofa. Hasil analisis manual diperoleh debit rencana yang dihitung menggunakan metode rasional dengan kala ulang 5 tahun pada saluran STGEDE sebesar 0.8194 m3 /det dan intensitas hujan yang digunakan adalah 6 jam. Hasil running menggunakan EPA SWMM 5.1 diperoleh bahwa terjadi luapan sebanyak 18 titik saluran untuk semua kala ulang yang direncanakan dengan debit terbesar terjadi pada saluran TR3. Redesain dilakukan pada saluran yang meluap berupa perubahan dimensi, perubahan elevasi dan bentuk saluran. Selain itu terdapat 3 titik saluran yang di desain ulang sebagai akibat dari perubahan saluran yang banjir yaitu saluran CBR2, CBR6 dan TR2. Kata Kunci : Drainase, Banjir, SWMM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:01
Last Modified: 10 Jun 2021 03:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item