Sastra Dewi, Astria (2020) MODIFIKASI ALGORITMA FLOCKING UNTUK OPTIMASI PERGERAKAN NON PLAYER CHARACTER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01_COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
02_LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf Download (206kB) |
|
Text
05_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
12_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB IV_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pergerakan non player character merupakan salah satu aspek penting yang mempengaruhi gameplay dari sebuah game. Pemrogramannya relatif sulit dilakukan jika terdapat NPC berkelompok dalam jumlah banyak. Algoritma flocking adalah algoritma yang populer untuk diterapkan pada non player character yang berkelompok. Algoritma ini dapat membuat objek berkelompok memiliki kemampuan untuk mengatur posisi dan arah terbang berdasarkan pada posisi dan arah kawanan. Namun, algoritma ini tidak memiliki kemampuan untuk menentukan arah tujuan, karena arah objek ditentukan berdasarkan arah rata-rata kawanan. Modifikasi algoritma flocking dengan menambahkan konsep leader dan beberapa penyesuaian lain pun diusulkan dan telah coba diterapkan untuk membuat objek flocking bisa memiliki arah tujuan tapi tetap mempertahankan flockingnya. Pengujianpun dilakukan terhadap tiga parameter, yaitu persentase terjadinya tabrakan, frame rate yang dihasilkan dan validasi objek dalam mencapai target. Hasilnya menunjukan bahwa metode yang diusulkan berhasil membuat objek flocking mencapai semua target dan menambah peningkatan efektivitas flocking dibandingkan algoritma flocking standar. Kata kunci: Artificial Inteligence, Flocking, Game, Modifikasi, Non Player Character
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 03:18 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 03:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2467 |
Actions (login required)
View Item |