PENGEMBANGAN PENDIDIKAN POLITIK THEOLOGIA DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN FAJRUL ISLAM

KHOIROH, SITI (2019) PENGEMBANGAN PENDIDIKAN POLITIK THEOLOGIA DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN FAJRUL ISLAM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
a. JUDUL siti khoiroh.pdf

Download (124kB)
[img] Text
d. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
e. BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
f. BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
g. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
h. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
i. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Pondok Pesantren sebagai ciri peradaban islam berkembang pesat di Indonesia, seiring waktu berlalu perkembangan pengetahuan islam berkembang beriringan dengan ilmu pengetahuan sosial, seperti ilmu politik. Peneliti tertarik dengan kajian pesantren dan politik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendidikan politik yang ada di pondok pesantren. Pendidikan politik sudah saatnya tidak hanya dilakukan pada sebuah partai politik, lembaga seperti pesantren harus menerapkan pengembangan pendidikan politik untuk mendidik santri agar mereka mampu menentukan sikap dengan bijak. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Fajrul Islam, Kota Tasikmalaya. Teori yang peneliti gunakan ialah pendapat dari D. William Brogan mengenai pendidikan politik, pengembangan pendidikan politik theologia dari Platon dan sebagai pembanding kesesuaian teori tersebut dengan pandangan Islam maka peneliti sesuaikan dengan pendapat mengenai sistematika ajaran Islam. Keterlibatan pondok pesantren dalam menentukan sikap politik merupakan peristiwa yang lazim. Sehingga, metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan pengembangan pendidikan politik dalam pondok pesantren. Penemuan pertama pada penelitian ini ialah ditemukan bahwa landasan pendidikan terletak pada jiwa manusia, yakni tentang ajaran akhlak yang berasal dari pedoman Al-Qur’an dan hadist. Sebagai bagian dari masyarakat, santri diajari juga mengenai pendidikan moral. Sehingga, hasil penelitian ini menunjukan perkembangan model pendidikan politik theologia berupa pola pengajaran moralitas melalui pembelajaran nila dan norma dalam masyarakat yang diterapkan. Moralitas yang diajarkan bersumber pada norma dan nilai yang diyakini masyarakat. Melalui pola pengajaran moral sebagai strategi pembelajaran pendidikan politik untuk memperbaiki perilaku santri yang tidak baik. Kata Kunci : Pendidikan, Politik, Santri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 May 2021 06:22
Last Modified: 27 May 2021 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item