KHOIROH, SITI (2019) PENGEMBANGAN PENDIDIKAN POLITIK THEOLOGIA DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN FAJRUL ISLAM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
a. JUDUL siti khoiroh.pdf Download (124kB) |
|
Text
d. ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text
e. BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
f. BAB II.pdf Download (426kB) |
|
Text
g. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
h. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
|
Text
i. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Pondok Pesantren sebagai ciri peradaban islam berkembang pesat di Indonesia, seiring waktu berlalu perkembangan pengetahuan islam berkembang beriringan dengan ilmu pengetahuan sosial, seperti ilmu politik. Peneliti tertarik dengan kajian pesantren dan politik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendidikan politik yang ada di pondok pesantren. Pendidikan politik sudah saatnya tidak hanya dilakukan pada sebuah partai politik, lembaga seperti pesantren harus menerapkan pengembangan pendidikan politik untuk mendidik santri agar mereka mampu menentukan sikap dengan bijak. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Fajrul Islam, Kota Tasikmalaya. Teori yang peneliti gunakan ialah pendapat dari D. William Brogan mengenai pendidikan politik, pengembangan pendidikan politik theologia dari Platon dan sebagai pembanding kesesuaian teori tersebut dengan pandangan Islam maka peneliti sesuaikan dengan pendapat mengenai sistematika ajaran Islam. Keterlibatan pondok pesantren dalam menentukan sikap politik merupakan peristiwa yang lazim. Sehingga, metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan pengembangan pendidikan politik dalam pondok pesantren. Penemuan pertama pada penelitian ini ialah ditemukan bahwa landasan pendidikan terletak pada jiwa manusia, yakni tentang ajaran akhlak yang berasal dari pedoman Al-Qur’an dan hadist. Sebagai bagian dari masyarakat, santri diajari juga mengenai pendidikan moral. Sehingga, hasil penelitian ini menunjukan perkembangan model pendidikan politik theologia berupa pola pengajaran moralitas melalui pembelajaran nila dan norma dalam masyarakat yang diterapkan. Moralitas yang diajarkan bersumber pada norma dan nilai yang diyakini masyarakat. Melalui pola pengajaran moral sebagai strategi pembelajaran pendidikan politik untuk memperbaiki perilaku santri yang tidak baik. Kata Kunci : Pendidikan, Politik, Santri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 May 2021 06:22 |
Last Modified: | 27 May 2021 06:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2408 |
Actions (login required)
View Item |