PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS DAN KINERJA JALAN PROTOKOL KOTA BEKASI (STUDI KASUS: JALAN Ir. H. JUANDA)

SABILA PUTRI, ATIKA (2019) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS DAN KINERJA JALAN PROTOKOL KOTA BEKASI (STUDI KASUS: JALAN Ir. H. JUANDA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Laporan TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jalan Ir. H. Juanda merupakan jalan protokol di Kota Bekasi yang mempunyai peranan penting bagi penduduk Kota Bekasi dalam mendukung perkembangan sektor�sektor perdagangan dan jasa di Kota Bekasi. Aktivitas yang tinggi pada sisi jalan berupa kendaraan yang masuk keluar sisi jalan, kendaraan berhenti dan parkir di badan jalan, pejalan kaki, dan kendaraan berjalan lambat berpengaruh terhadap kinerja di ruas jalan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung volume lalu lintas, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, pengaruh hambatan samping terhadap kinerja arus lalu lintas jalan Ir. H. Juanda dan menganalisis masalah menggunakan software PTV Vissim. Analisa pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas dan kinerja jalan dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data primer dan data sekunder. Program yang digunakan untuk menganalisa ruas jalan yang diteliti adalah PTV Vissim 11.00-10 untuk mendapatkan solusi terhadap masalah lalu lintas. Dari hasil penelitian diperoleh volume kendaraan tertinggi pada segmen 1 sebesar 2605,5 smp/jam dengan nilai kapasitas sebesar 2652 smp/jam sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,983. Volume kendaraan tertinggi dari segmen 2 sebesar 2517,85 smp/jam dengan nilai kapasitas sebesar 5928 smp/jam sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,425. Volume kendaraan tertinggi dari segmen 3 sebesar 1943,9 smp/jam dengan nilai kapasitas sebesar 2929,56 smp/jam sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,664. Dalam pemodelan pada segmen 1 dibuat jembatan penyeberangan dan pada segmen 3 dibuat zebra cross bersinyal dan relokasi pedagang kaki lima menghasilkan LOS rata-rata B. Kata Kunci : Jalan, Transportasi, Kapasitas, Hambatan Samping, PTV Vissim

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 May 2021 03:17
Last Modified: 21 May 2021 03:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item View Item