Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Darusman, Yus and Dinah, Dinah and Nugraha, Fajar Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. ISSN 2620-9284

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.pdf - Peer Review

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/38551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe sramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ppkn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan sampel yaitu dengan mengggunakan cara nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive,. Metode pengumpulan data yag digunakan adalah tes hasil belajar, observasi, angket dan dokumentasi. penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran PPKn yaitu 52 dari skor tertinggi 60 ( kategori tinggi ). Adapun skor akhir hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan yaitu pada pra-siklus rata-rata nilai siswa 57, 15 dari nilai 5 siswa yang tuntas dan 21 siswa tidak tuntas, sedangkan pada saat siklus I mencapai rata-rata 73,31 dari 11 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas sedangkan hasil siklus II yaitu dengan rata-rata nilai siswa 82,54 dari 18 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas. Keywords scramble, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat > Artikel Dosen Pendidikan Mahasiswa
Depositing User: Mr Dadang Sudrajat
Date Deposited: 18 May 2021 07:15
Last Modified: 18 May 2021 07:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item