ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN PROSES BERPIKIR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP N 8 Kota Tasikmalaya)

SEPTRIANI, - (2019) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN PROSES BERPIKIR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP N 8 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK SEPTRIANI. 2019. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan berdasarkan Proses Berpikir. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik berdasarkan proses berpikir dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan dan faktor yang penyebabnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes soal cerita. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 8 Tasikmalaya, subjek dipilih berdasarkan teknik purposive yaitu subjek yang paling banyak mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal yang diberikan berdasarkan jenis proses berpikir dan mampu mengemukakan pendapat baik secara lisan maupun tulisan. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga peserta didik yang paling dianggap memenuhi pertimbangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh peserta didik yang memiliki proses berpikir konseptual meliputi kesulitan dalam menerapkan prinsip, kesulitan dalam masalah verbal dan kesulitan dalam persepsi visual. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik yang memiliki proses berpikir semi konseptual meliputi kesulitan dalam menerapkan konsep dan kesulitan menerapkan prinsip. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik yang memiliki proses berpikir komputasional meliputi kesulitan menerapkan konsep, kesulitan dalam persepsi visual, kesulitan menerapkan prinsip, dan kurang menguasai operasi pengurangan. Dan faktorfaktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan proses berpikir diantaranya yaitu kurang menguasai konsep diagram venn, kurang menguasai simbol-simbol himpunan, sulit dalam perhitungan, sulit dalam menghapal rumus, bingung dalam menentukan rumus yang harus digunakan dan kurang menyukai matematika karena sulit dalam perhitungan dan harus menghafal rumus. Kata kunci: kesulitan, proses berpikir, soal cerita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:01
Last Modified: 04 Nov 2020 02:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item