MEDIA DAN GERAKAN SOSIAL (Analisis Wacana Gerakan #2019GantiPresiden Dalam Media Sosial Twitter)

Ayu, Susan (2019) MEDIA DAN GERAKAN SOSIAL (Analisis Wacana Gerakan #2019GantiPresiden Dalam Media Sosial Twitter). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
13 ABSTRAK (Indo-Eng).pdf

Download (125kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (135kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Media Dan Gerakan Sosial (Analisis Wacana Gerakan #2019gantipresiden Dalam Media Sosial Twitter). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana gerakan sosial melalui hashtag #2019gantipresiden sebagai ketidakpuasan masyarakat terhadap situasi sosial yang terjadi. Dengan adanya Gerakan sosial mampu menciptakan perubahan. Perubahan tersebut masyarakat membentuk sebuah kelompok dan berkumpul untuk menyuarakan keinginannya. Gerakan ini merupakan gerakan sosial baru melalui media sosial. Kemudian teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan teori Gerakan Sosial Baru, Mobilisasi Sumber Daya, Proses Politik, dan Berorientasi Identitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis wacana model Teun A. Van sebagai bahan pisau analisis penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, dilihat makna secara global dari isi cuitan yaitu tentang ketidakpuasan bahwa adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah, yang terlalu sering menebar janji-janji yang akhirnya tidak ditepati. Masyarakat mengungkapkan ketidakpuasaan atau kekecewaannya melalui mekanisme gerakan sosial, tetapi gerakan sosial yang ditempuh bukan gerakan sosial melalui protes atau demonstrasi yang sifatnya gerakan sosial yang lama tetapi gerakan sosial melalui media sosial yang memanfaatkan teknologi informasi. Kedua, terdapat beberapa alur dari isi cuitan tersebut di mulai dari permasalahan ekonomi sampai infrastruktur. Ketiga pemaknaan wacana dalam setiap kalimatnya mengandung makna dan pesan yang mendalam tentang kekecewaan terhadap pemerintah. Dengan demikian media sosial dapat berpengaruh besar terhadap Gerakan Sosial di masyarakat yang mampu mendorong atau menolak beberapa jenis perubahan. Kata Kunci: Gerakan Sosial Baru, Analisis Wacana, Twitter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:32
Last Modified: 13 Aug 2019 07:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item