ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI NILAI FILOSOFIS DAN KONSEP BARISAN ARITMATIKA PADA ALAT MUSIK ANGKLUNG

KARTINI, AI JUJU (2019) ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI NILAI FILOSOFIS DAN KONSEP BARISAN ARITMATIKA PADA ALAT MUSIK ANGKLUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini berisi uraian tentang hubungan timbal balik antara matematika dengan budaya karena selama ini matematika dianggap terbebas dari budaya. salah satu kebudayaan yang masih ada dan berkembang hingga saat ini khususnya di Jawa Barat yaitu alat musik angklung. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep barisan aritmatika, fungsi serta nilai filosofis yang terdapat pada alat musik angklung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka yang menjadi instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri melalui sumber data terkait aktivitas, pelaku, dan tempat serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, triangulasi, dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion. Dalam penelitian pada alat musik angklung ini terdapat konsep barisan aritmatika serta terdapat fungsi dan nilai filosofis yang terkandung dalam alat musik angklung. Kata kunci: Etnomatematika, Angklung, Barisan Aritmatika, Nilai filosofis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 26 May 2020 02:20
Last Modified: 26 May 2020 02:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item