PENERAPAN ALGORITMA FIHER-YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI MENGENAL FAUNA BERBASIS ANDROID

Prayogi, Agit (2019) PENERAPAN ALGORITMA FIHER-YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI MENGENAL FAUNA BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (58kB)
[img] Text
1. PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Pada pembelajaran untuk anak usia dini dan sekolah dasar, dengan materi dasar pengenalan nama hewan yang ada di sekitarnya sesuai dengan kompetensi dasar mengenal gambar, suara dan nama-nama hewan. Berdasarkan latar belakang di atas aplikasi yang akan dibuat yaitu sebuah aplikasi pembelajaran untuk anak usia dini (minimal 3 tahun) yaitu aplikasi "Mengenal Fauna”. Pada aplikasi ini menggunakan metode untuk pengacakan soal yaitu menggunakan algoritma FisherYates Shuffle yang merupakan sebuah algoritma untuk menghasilkan suatu permutasi acak dari suatu himpunan terhingga. Hasil dari pengacakan dengan menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle tidak akan berat sebelah, sehingga setiap permutasi memiliki kemungkinan yang sama. Banyak metode pengacakan yang dapat dipakai tanpa terkecuali metode Fisher-Yates Shuffle atau biasa dikenal dengan Algoritme Fisher-Yates. Kelebihan Algoritme Fisher-Yates adalah efektifitas dari metode pengacakannya serta kompleksitas algoritmenya yang optimal yaitu O (n). Berdasarkan hasil pengolahan data uji coba pada responden menyatakan bahwa perangkat lunak secara keseluruhan memiliki persentase kelayakan sebesar 89,38%. Hasil yang didapatkan setelah membandingkan persentase kelayakan perangkat lunak adalah dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak aplikasi mengenal hewan fauna memiliki kategori “Sangat Layak”. Kata Kunci : Fisher-Yates Shuffle, Game Edukasi, Android

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 May 2020 06:15
Last Modified: 19 May 2020 06:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item