DWI MARTININGTIAS ARIFTY, MIA (2019) ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN (Studi Pada Program Kelas Multikultural Di Sekolah Menengah Kejuruan Bakti Karya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) |
|
Text
4 ABSTRAK (indo-eng).pdf Download (59kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (104kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
9 BAB I.pdf Download (193kB) |
|
Text
10 BAB II.pdf Download (187kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Download (177kB) |
|
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai-Nilai Multikulturalisme dalam Pendidikan (Studi pada Program Kelas Multikultural di SMK Bakti Karya Parigi Kabupaten Pangandaran). Penelitian berluang lingkup pendidikan. Tujuan utama pendidikan adalah mengembangkan sebesar –besarnya potensi peserta didik melalui metode dan pendekatan yang kontekstual. Salah satu permasalahan bangsa Indonesia saat ini adalah gesekan kepentingan yang melibatkan perbedaan latar belakang masyarakat. Melalui Kelas Multikultural, SMK Bakti Karya Parigi menawarkan sebuah metode pendidikan yang mengutamakan toleransi dan nilainilai perdamian dengan menghadirkan keberagaman di tengah masyarakat pedesaan. Harapannya generasi mendatang bisa memberikan cara pandang baru dalam menghadapi perbedaan. Teori yang akan digunakan untuk mengkajinya adalah konsep multikulturalisme, pendidikan multikultural, dan teori nilai-nilai multikulturalisme. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif, pendekatan fenomenologi, dan analisis data menggunakan metode analisis yang digunakan yaitu model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama, prinsip perwujudan atas multikulturalisme SMK Bakti Karya yaitu dengan sikap menerima, menghargai/mengapresiasi dan melindungi perbedaan muncul dari kesadaran manusia ketika berhadapan dengan keberagaman dan dikelola dalam lingkungan yang dinamis. Hal ini dapat dilihat dalam bentuk pendidikan multikulural dengan penyelenggaraan Program Kelas Multikultural sebagai konsekuensi multikulturalisme dengan menghadirkan siswa beragaman. Kedua, peranan pengelola sekolah dengan penyelenggaraan Program Kelas Multikultural termuat 5 konsep dalam bentuk kegiatan sebagai solusi agar siswa menyadari serta memahami gagasan multikulturalisme sehingga tumbuh sikap toleransi, perdamaian dalam lingkungan majemuk. Ketiga, Nilai-nilai multikulturalisme yang ditemukan sesuai dengan indikator analisis yaitu nilai toleransi yaitu sikap berdamai dan toleransi, nilai keadilan yaitu bersikap adil, nilai demokrasi yaitu bersifat demokratis yang bebas dan bertanggung jawab, dan terakhir nilai kesetraan yaitu penyerataan pemenuhan semua aspek hak-hak siswa. Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Kelas Multikultural, Nilai-Nilai Multikulturalisme.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 07:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
View Item |