Sopiani, Winda (2018) KEMITRAAN ANTARA PEMERINTAH DAN SWASTA DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Pengelolaan Objek Wisata Karang Resik Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (92kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (209kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
7 BAB I.pdf Download (203kB) |
|
Text
8 BAB II.pdf Download (328kB) |
|
Text
9 BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text (Bab IV dan Bab V)
10 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Kemitraan antara Pemerintah dan Swasta dalam Pelayanan Publik (Studi Pengelolaan Taman Wisata Karangresik Tasikmalaya). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam pentingnya kemitraan antara Pemerintah dengan pihak swasta dalam pelayanan publik khususnya di bidang pariwisata karena memang sekarang taman Wisata tersebut dikelola oleh pihak swasta. Fokus kajian menekankan pada kemitraan antara Pemerintah dan pihak swasta dalam pengelolaan wisata Karang Resik di Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini, adapun teori yang digunakan yaitu teori diantaranya tentang Kemitraan Pemerintah Swasta (Public Private Partnership) atau disingkat PPP, teori tentang pelayanan publik menurut Miftah Thoha, teori tentang pariwisata dan pengelolaan pariwisata. Sesuai dengan teori yang disebutkan, penulis menyesuaikan dalam hasil penelitian dan hasil pembahasan menggunakan teori yang telah dituliskan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, informan yang dipilih dengan menentukan informan yang memahami permasalahan yang diteliti. Adapun langka-langkah dalam penelitian kualitatif yaitu metode pengamatan, metode wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Tahapan-tahapan penelitian diantaranya tahap pra-lapangan, tahap analisa data. Hasil penelitian menunjukan kemitraan yang terjalin antara pihak swasta dan Pemerintah. Bentuk kemitraan yang terjalin antara Pemerintah yaitu dengan PT Tri Mukti. Pelayanan publik dalam pengelolaan kepariwisataan yang telah dilakukan pihak swasta yaitu oleh PT Tri Mukti dengan membangun dan mengelola taman wisata Karangresik. Sesuai dengan Peraturan Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016. Kemitraan antara pihak swasta dan Pemerintah yaitu bentuk kerjasama. Kerjasama dilakukan dengan PT Tri Mukti yaitu bentuk kerjasama pemanfaatan. Dengan melakukan sebuah kerjasama tersebut antara pihak Pemerintah dan pihak swasta sangat menguntungkan bagi kedua pihak tersebut dan juga bagi masyarakat. Dalam kerjasama tersebut pihak swasta memiliki sebuah kewajiban yaitu dengan memberikan sebuah kontribusi. Kontribusi tersebut berupa kontribusi tahunan dan bagi hasil. Pengelolaan taman wisata Karangsik sepenuhnya telah dikelola oleh pihak swasta. Kata kunci : Kemitraan, Pelayanan Publik, Objek Wisata Karangresik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:25 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 07:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
View Item |