KORELASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Korelasional terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016)

SOVIA RUSENDI, IRA (2016) KORELASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Korelasional terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik melalui model Problem Based Learning dan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematik serta kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis matematik. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasi. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA NEGERI 8 Kota Tasikmalaya. Sampel diambil 1 kelas secara acak kelas (simple random sampling), terambil kelas X MIPA 2. Tehnik pengumpulan data melakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan tes kemampuan berpikir kritis matematik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan soal tes kemampuan berpikir kritis matematik. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik melalui model problem based learning. Kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematik ada pada langkah keempat yaitu langkah memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi dengan persentase sebesar 39,93%. Kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis matematik ada pada kemampuan situation (situasi) dengan persentase sebesar 33,82%. Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dan Kesulitan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:54
Last Modified: 30 Apr 2020 02:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item