ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN MODEL KESALAHAN SKEMATIK FONG (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

Dyah, Pratiwi Saraswati (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN MODEL KESALAHAN SKEMATIK FONG (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DYAH PRATIWI SARASWATI. 2019. Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Model Kesalahan Skematik Fong. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Model Kesalahan Skematik Fong. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah think-aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan soal tes berbentuk soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Subjek dalam penelitian ini 5 peserta didik kelas VIII G dengan eksplorasi satu-satu yang masing-masing mewakili setiap Model Kesalahan Skematik Fong. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) Kesalahan tingkat I yang dilakukan peserta didik adalah tidak adanya solusi atau penyelesaian (E1), menggunakan prosedur penyelesaian yang tidak relevan (E2), skema tidak lengkap dengan tidak ada kesalahan (E3), skema tidak lengkap dengan kesalahan (E4), dan skema lengkap dengan kesalahan (E5). Kesalahan tingkat II yang dilakukan peserta didik, yaitu kesalahan bahasa, operasional dan tema matematika. (2) Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan karena kurang memahami masalah yang diberikan pada soal, tidak dapat menghubungkan informasi yang ada, kesulitan membuat rencana penyelesaian, kurang memahami materi materi prasyarat untuk menyelesaikan soal, tidak dapat membuat persamaan matematika, keliru dalam menafsirkan pernyataan yang ada pada soal, kurang berlatih menyelesaikan soal cerita, belum begitu memahami cara menyelesaikan SPLDV dengan metode eliminasi, kurang memperhatikan pembelajaran di kelas, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, keliru ketika menghitung, tidak menuliskan satuan, tidak terbiasa menyelesaikan operasi hitung bilangan desimal, kurang memahami materi SPLDV, dan tidak terbiasa menyelesaikan soal cerita khususnya pada materi SPLDV. Kata kunci: Kesalahan, Model Kesalahan Skematik Fong, Soal Cerita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:50
Last Modified: 30 Apr 2020 02:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item