Siti Rohilah, Sani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENILAI DAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI HAL-HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TOKOH YANG TERDAPAT DALAM TEKS BIOGRAFI (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X semester 2 adalah KD 3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dalam teks biografi dan KD 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran menilai dan mengungkapkan kembali teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write yaitu kelas X MIPA 1 pada KD 3.14 mencapai angka 84,8, dan pada KD 4.14 mencapai angka 88,5, sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction yaitu kelas X MIPA 3 pada KD 3.14 mencapai angka 77, dan pada KD 4.14 mencapai angka 76. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi daripada nilai ratarata peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 < Wtabel =116,56. Artinya model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan menilai dan mengungkapkan kembali teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:11 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 02:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1603 |
Actions (login required)
View Item |