Rahmawati, Maya (2019) EFEKTIVITAS MODEL SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (SQ4R) DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Cikoneng Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
Cover.pdf Download (51kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (311kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pembelajaran yang wajib dilaksanakan pada pendidikan di Indonesia. Keterampilan berbahasa memiliki peranan penting dalam berkomunikasi tentunya merupakan media untuk berinteraksi antarmanusia sebagai makhluk sosial, dengan memiliki keterampilan berbahasa manusia dapat menyampaikan perasaannya, gagasan, ide, dan informasi kepada orang lain, selain itu agar tidak menimbulkan kesalahpahaman antarmanusia yang sedang berinteraksi tulis maupun lisan. Penulis melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen sungguhan. Metode eksperimen digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (SQ4R) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Cikoneng tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Populasi dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Cikoneng tahun ajaran 2018/2019 dan pengambilan sampel secara random sederhana yaitu mengambil kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas control. Berdasarkan hasil pengolahan data statistika, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (SQ4R) dapat memberikan pengaruh yang signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil skor rata-rata nilai pretest dan posttest. Pada kemampuan mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat dinas, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 77,5 dan posttest sebesar 89,2, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 61,5 dan posttest sebesar 78,9. Berikutnya pada kemampuan menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 50,7 dan posttest sebesar 87,7, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 48,6 dan posttest sebesar 66,7. Artinya, model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (SQ4R) yang digunakan di kelas eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 02:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1594 |
Actions (login required)
View Item |