PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI AJAR LAHIRNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU BUDHATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015

NURYANI, ENIM (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI AJAR LAHIRNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU BUDHATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB 1V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

ENIM NURYANI (2015). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS dengan Materi Ajar Lahirnya Agama Dan Kebudayaan Hindu Budha Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Nurul Huda”. Program Studi pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Huda. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif analitis. Metode deskriptif analitis merupakan metode yang bertujuan mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap suatu objek penelitian yang diteliti melalui sampel atau data yang telah terkumpul dan membuat kesimpulan yang berlaku umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan studi pustaka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 butir soal dengan empat option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terlihat dari adanya perbedaan skor rata-rata siswa dari hasil pre tes sebear 8,70 dan skor rata-rata pos tes sebesar 13,96 dengan kenaikan gain sebesar 5,26.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Huda. Kata kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:09
Last Modified: 16 Apr 2020 06:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item