EFEKTIVITAS PELAYANAN ELECTRONIC PUSKESMAS (E-PUSKESMAS) DI PUSKESMAS MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

NURFADILAH, NENG MILAH (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN ELECTRONIC PUSKESMAS (E-PUSKESMAS) DI PUSKESMAS MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text
4. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (50kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (122kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (74kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penerapan teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan memiliki dampak signifikan terhadap kualitas dan efisiensi layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan e-Puskesmas di Puskesmas Manonjaya, menggunakan teori Sutrisno (2007) yang mencakup lima indikator: pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari 2 informan kunci, 6 informan utama, dan 1 informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi program telah berjalan dengan baik, memberikan pemahaman kepada petugas kesehatan mengenai peran e-Puskesmas. Namun, keterbatasan dalam pelatihan mengakibatkan keterampilan teknis petugas belum merata. Dari segi ketepatan sasaran, sistem ini memungkinkan penginputan data yang akurat dan efisien, meskipun ada kendala dalam sarana dan prasarana, pelaporan SP3, dan jaringan. Dalam hal ketepatan waktu, e-Puskesmas mempercepat proses administrasi dan pengelolaan data, tetapi masih mengalami gangguan teknis jaringan. Implementasi e-Puskesmas berhasil meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi kerja, serta akurasi data. Perubahan nyata terlihat dalam pengurangan waktu kerja administratif dan pengelolaan data yang lebih sistematis. Namun, masih terdapat hambatan seperti keterbatasan pelatihan petugas, sarana prasarana yang tidak memadai, dan kebutuhan anggaran yang tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perbaikan melalui pelatihan berkelanjutan dan peningkatan infrastruktur guna meningkatkan efektivitas penerapan e-Puskesmas di Puskesmas Manonjaya. Kata kunci: Efektivitas Pelayanan, e-Puskesmas, Implementasi Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:36
Last Modified: 20 Feb 2025 01:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15229

Actions (login required)

View Item View Item