NURFADILAH, NENG MILAH (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN ELECTRONIC PUSKESMAS (E-PUSKESMAS) DI PUSKESMAS MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
![]() |
Text
15. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penerapan teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan memiliki dampak signifikan terhadap kualitas dan efisiensi layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan e-Puskesmas di Puskesmas Manonjaya, menggunakan teori Sutrisno (2007) yang mencakup lima indikator: pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari 2 informan kunci, 6 informan utama, dan 1 informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi program telah berjalan dengan baik, memberikan pemahaman kepada petugas kesehatan mengenai peran e-Puskesmas. Namun, keterbatasan dalam pelatihan mengakibatkan keterampilan teknis petugas belum merata. Dari segi ketepatan sasaran, sistem ini memungkinkan penginputan data yang akurat dan efisien, meskipun ada kendala dalam sarana dan prasarana, pelaporan SP3, dan jaringan. Dalam hal ketepatan waktu, e-Puskesmas mempercepat proses administrasi dan pengelolaan data, tetapi masih mengalami gangguan teknis jaringan. Implementasi e-Puskesmas berhasil meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi kerja, serta akurasi data. Perubahan nyata terlihat dalam pengurangan waktu kerja administratif dan pengelolaan data yang lebih sistematis. Namun, masih terdapat hambatan seperti keterbatasan pelatihan petugas, sarana prasarana yang tidak memadai, dan kebutuhan anggaran yang tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perbaikan melalui pelatihan berkelanjutan dan peningkatan infrastruktur guna meningkatkan efektivitas penerapan e-Puskesmas di Puskesmas Manonjaya. Kata kunci: Efektivitas Pelayanan, e-Puskesmas, Implementasi Sistem Informasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 01:36 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 01:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |