HENDRAYANI, SALSABILA AMELIA (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PHYSICS INDEPENDENT LEARNING (PIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
04. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
07. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
09. BAB 1.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text
11. BAB 3.pdf Download (864kB) |
![]() |
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi yang terlihat dari pencapaian hasil belajar serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. peneliti berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model Physics Independent Learning (PIL). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model Physics Independent Learning (PIL) dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA MAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI MIPA MAN 2 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 4 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 8 (kelas kontrol). Pengambilan data dilakukan menggunakan lembar observasi keterlaksanan model pembelajaran dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil analisis data keterlaksanaan model pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test pada taraf signifikansi (0,05) menunjukkan bahwa yang berarti ditolak dan diterima, artinya model Physics Independent Learning (PIL) dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi gelombang bunyi. Sementara hasil uji N-gain menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai N-gain sebesar 0,8 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Maka, dapat disimpulkan bahwa implementasi model Physics Independent Learning (PIL) dapat lebih meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik daripada model Problem Based Learning (PBL). Kata kunci: model Physics Independent Learning (PIL), keterampilan pemecahan masalah, gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:15 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |