STRATEGI LAYANAN EDUKASI MUSEUM SRI BADUGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH

Adisti, Melva (2024) STRATEGI LAYANAN EDUKASI MUSEUM SRI BADUGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (71kB)
[img] Text
02. Lembar pengesahan.pdf

Download (196kB)
[img] Text
03. Lembar penguji.pdf

Download (226kB)
[img] Text
04. Pernyataan.pdf

Download (194kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (38kB)
[img] Text
06. Abstract.pdf

Download (19kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (43kB)
[img] Text
08. Halaman Pribadi.pdf

Download (54kB)
[img] Text
09. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (20kB)
[img] Text
10. Daftar Isi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
11. Daftar Tabel.pdf

Download (30kB)
[img] Text
12. Daftar Bagan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
13. Daftar Gambar.pdf

Download (41kB)
[img] Text
14. Daftar Grafik.pdf

Download (34kB)
[img] Text
15. Daftar Lampiran.pdf

Download (104kB)
[img] Text
16. BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
17. BAB II.pdf

Download (174kB)
[img] Text
18. BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
19. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
22. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi layanan edukasi museum menjadi penentu sejauh mana informasi yang dimuat dapat dipahami dengan baik leh pengunjung. Museum Sri Baduga merupakan museum di bawah pengelolaan UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat yang berada di Kota Bandung. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi edukasi museum sribaduga sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi layanan edukasi yang dibuat oleh pengelola Museum Sri Baduga diakumulasikan kedalam pembuatan beberapa program yang mendukung pemanfaatan museum sebagai sumber belajar sejarah. Program program yang dibuat diantaranya pameran tetap, pameran kontemporer, museum keliling, edukids, dan seminar diskusi. Melalui program tersebut museum lebih banyak melibatkan peran pengunjung sebagai observer kegiatan, sehingga dapat menjadi penilaian sejauh mana strategi layanan edukasi yang dibuat berhasil menjadikan museum sebagai sumber belajar sejarah. Program yang dibuat merupakan salah satu upaya yang dibuat untuk menarik pengunjung khususnya dikalangan pendidikan. Agar program yang dibuat dapat berjalan dengan baik maka harus disertai dengan layanan yang optimal. Selain pembuatan program program edukatif, pengelola Museum Sri Baduga menerapkan cara belajar aktif dengan konsep lay out museum secara kronolgis . Hal tersebut dapat mempermudah pengunjung dalam memahami materi dan konten yang tersedia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka Museum Sri Baduga telah menjalankan peran dan fungsinya dalam segi konservasi maupun visinya utamanya sebagai sumber pendidikan. Kata kunci : Layanan Edukasi, Sumber belajar, Museum Sri Baduga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:53
Last Modified: 14 Feb 2025 06:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15158

Actions (login required)

View Item View Item