Adisti, Melva (2024) STRATEGI LAYANAN EDUKASI MUSEUM SRI BADUGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. Cover.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
02. Lembar pengesahan.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
03. Lembar penguji.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
04. Pernyataan.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
05. Abstrak.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
06. Abstract.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
07. Kata Pengantar.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
08. Halaman Pribadi.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
09. Ucapan Terimakasih.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Isi.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
11. Daftar Tabel.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
12. Daftar Bagan.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
13. Daftar Gambar.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
14. Daftar Grafik.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
15. Daftar Lampiran.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
16. BAB I.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
17. BAB II.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
18. BAB III.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
19. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
![]() |
Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
22. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Strategi layanan edukasi museum menjadi penentu sejauh mana informasi yang dimuat dapat dipahami dengan baik leh pengunjung. Museum Sri Baduga merupakan museum di bawah pengelolaan UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat yang berada di Kota Bandung. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi edukasi museum sribaduga sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi layanan edukasi yang dibuat oleh pengelola Museum Sri Baduga diakumulasikan kedalam pembuatan beberapa program yang mendukung pemanfaatan museum sebagai sumber belajar sejarah. Program program yang dibuat diantaranya pameran tetap, pameran kontemporer, museum keliling, edukids, dan seminar diskusi. Melalui program tersebut museum lebih banyak melibatkan peran pengunjung sebagai observer kegiatan, sehingga dapat menjadi penilaian sejauh mana strategi layanan edukasi yang dibuat berhasil menjadikan museum sebagai sumber belajar sejarah. Program yang dibuat merupakan salah satu upaya yang dibuat untuk menarik pengunjung khususnya dikalangan pendidikan. Agar program yang dibuat dapat berjalan dengan baik maka harus disertai dengan layanan yang optimal. Selain pembuatan program program edukatif, pengelola Museum Sri Baduga menerapkan cara belajar aktif dengan konsep lay out museum secara kronolgis . Hal tersebut dapat mempermudah pengunjung dalam memahami materi dan konten yang tersedia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka Museum Sri Baduga telah menjalankan peran dan fungsinya dalam segi konservasi maupun visinya utamanya sebagai sumber pendidikan. Kata kunci : Layanan Edukasi, Sumber belajar, Museum Sri Baduga
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 06:53 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |