AFIATI, AZAHRA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENGEKSPLORASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1_Cover.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
2_Lembar Pengesahan.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
3_Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
5_Abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
6_Kata Pengantar.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
7_Daftar Isi.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
8_Daftar Tabel.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
9_Daftar Gambar.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
10_Daftar Lampiran.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
11_BAB 1.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
12_BAB 2.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
13_BAB 3.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
14_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
15_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
![]() |
Text
16_Daftar Pustaka.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan media pembelajaran Flipbook pada materi Dimensi Tiga, serta mengetahui efektivitas media pembelajaran Flipbook untuk mengeksplor kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development, dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara dan angket serta soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi kualitas isi, lembar validasi kualitas teknis, angket respon peserta didik, serta soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Sumber data pada penelitian ini yaitu dari dua ahli materi dan ahli media untuk menilai kualitas isi dan teknis, serta peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Ciamis untuk mengetahui efektivitas dari media pembelajaran Flipbook. Hasil penelitian ini pada tahap analysis (wawancara untuk memperoleh informasi mengenai permasalahan, proses dan penggunaan media pembelajaran); tahap design (pembuatan flowchart, storyboard dan pengumpulan aset-aset); tahap development (pembuatan Flipbook dan validasi oleh ahli materi dan ahli media); tahap implementation (uji coba kelompok kecil dan besar kepada siswa kelas XII); tahap evaluation (melaksanakan revisi setiap tahap pengembangan produk dan melaksanakan post-test). Media pembelajaran Flipbook memperoleh nilai effect size 1,1 yang mana lebih besar dari 1,00 artinya sangat efektif dalam mengeksplor kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Flipbook, Dimensi Tiga, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 01:23 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |