ANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN MEKAR SEMALAM KARYA MUSHOFFA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP

Khairunnisa, Nida (2024) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN MEKAR SEMALAM KARYA MUSHOFFA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. Lembar pernyataan.pdf

Download (243kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah yang ditemukan di sekolah yaitu penggunaan bahan ajar yang kurang variatif cenderung menitikberatkan pada satu teks saja. Pada dasarnya bahan ajar membantu ketercapaian kompetensi dasar 3.5 yaitu “Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar” untuk peserta didik kelas IX SMP. Sebagai pendidik perlu memperhatikan pemilihan bahan ajar yang baik dan sesuai dengan kriteria bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan meliputi teknik wawancara, teknik dokumentasi, teknik angket, dan teknik tes atau uji coba pada peserta didik. Pada penelitian ini penulis menggunakan dokumen yang diteliti berbentuk tulisan. Dokumen tersebut merupakan teks cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek karya Mushoffa yang berjudul Mekar Semalam. Subjek penelitian ini adalah lima cerita pendek dalam kumpulan cerpen Mekar Semalam karya Mushoffa diantaranya berjudul “Mekar Semalam”, “Api Cemburu”, “PR Matematika”, “Pintu Jebol”, “Hadiah yang Dinanti”. Selain itu objek dalam penelitian ini adalah unsur pembangun teks cerita pendek yang meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Hasil analisis menunjukan bahwa kelima cerpen tersebut memiliki kesesuaian dan kelengkapan dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Selain itu, kelima cerpen tersebut memiliki kesesuaian dengan kriteria bahan ajar sastra yang meliputi aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya. Kesesuaian tersebut didukung dengan hasil validasi melalui uji ahli kepada tiga guru bahasa Indonesia kelas IX dan satu praktisi sastra diperoleh kategori valid. Berdasarkan hal tersebut, kumpulan cerpen Mekar Semalam dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks cerita pendek pada peserta didik kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:37
Last Modified: 21 Jan 2025 04:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14947

Actions (login required)

View Item View Item