Khairunnisa, Nida (2024) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN MEKAR SEMALAM KARYA MUSHOFFA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
3. Lembar pernyataan.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
4. Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
7. Bab 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. Bab 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. Bab 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
11. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
13. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
![]() |
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah yang ditemukan di sekolah yaitu penggunaan bahan ajar yang kurang variatif cenderung menitikberatkan pada satu teks saja. Pada dasarnya bahan ajar membantu ketercapaian kompetensi dasar 3.5 yaitu “Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar” untuk peserta didik kelas IX SMP. Sebagai pendidik perlu memperhatikan pemilihan bahan ajar yang baik dan sesuai dengan kriteria bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan meliputi teknik wawancara, teknik dokumentasi, teknik angket, dan teknik tes atau uji coba pada peserta didik. Pada penelitian ini penulis menggunakan dokumen yang diteliti berbentuk tulisan. Dokumen tersebut merupakan teks cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek karya Mushoffa yang berjudul Mekar Semalam. Subjek penelitian ini adalah lima cerita pendek dalam kumpulan cerpen Mekar Semalam karya Mushoffa diantaranya berjudul “Mekar Semalam”, “Api Cemburu”, “PR Matematika”, “Pintu Jebol”, “Hadiah yang Dinanti”. Selain itu objek dalam penelitian ini adalah unsur pembangun teks cerita pendek yang meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Hasil analisis menunjukan bahwa kelima cerpen tersebut memiliki kesesuaian dan kelengkapan dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Selain itu, kelima cerpen tersebut memiliki kesesuaian dengan kriteria bahan ajar sastra yang meliputi aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya. Kesesuaian tersebut didukung dengan hasil validasi melalui uji ahli kepada tiga guru bahasa Indonesia kelas IX dan satu praktisi sastra diperoleh kategori valid. Berdasarkan hal tersebut, kumpulan cerpen Mekar Semalam dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks cerita pendek pada peserta didik kelas IX SMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |