PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019)

HERU, YOGASWARA (2019) PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. SKRIPSI BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
7. SKRIPSI BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
8. SKRIPSI BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
9. SKRIPSI BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
10. SKRIPSI BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
11. Dafatar fustaka.pdf

Download (86kB)

Abstract

Heru Yogaswara. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Drs. Syamsudin Arnasik, M.Pd. Permasalahan pokok dalam penelitian ini mengenai hasil ulangan harian siswa yang rata-rata kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu ≤ 79 pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaparna sehingga perlu perhatian mengenai pentingnya pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Adapun tujuannya untuk mengetahui pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 234 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Isac dan Michael dengan toleransi kesalahan sebesar 5% yang hasilnya sebanyak 148 siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaparna untuk dijadikan sampel. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t (Parsial, Simultan), uji F (Simultan) dan Uji determinasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh Thitung sebesar 2,310 dan Ttabel sebesar 1,975 artinya Ha diterima dan H0 ditolak dan hipotesis kedua diperoleh Thitung sebesar 2,229 dan Ttabel sebesar 1.975 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Fhitung sebesar 36,582 dan Ftabel sebesar 2,43 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Singaparna baik secara parsial maupun secara simultan. Kata Kunci : Minat, Kebiasaan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Apr 2020 02:58
Last Modified: 09 Apr 2020 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item