Marlina, Ina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS SURAT PRIBADI DAN SURAT RESMI (Eksperimen pada Peserta Didik kelas VII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (957kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR DAFTAR.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat resmi merupakan capaian pembelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas VII SMP/MTS berdasarkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks surat pribadi dan surat resmi pada peserta didik kelas VII SMP Islam Bahrul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, teknik observasi dan teknik tes. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian, rata-rata nilai diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat resmi yakni 59,56 (pretest) dan 90,48 (postest) selisih dari kedua rata-rata tersebut adalah 30,92. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat resmi yakni 57,00 (pretest) dan 85,02 (postest) selisih dari rata-rata tersebut adalah 28,02. Berdasarkan hasil uji T paired pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan Sig 0,22 > 0,05 sedangkan hasil uji T paired postest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan Sig 0,02 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning lebih berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat resmi pada peserta didik kelas VII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:13 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |