ANALISIS STRATEGI MARK ETING FUNDING DI BMT AL – ITTIHAD TASIKMALAYA

IRA, ARISMAYA (2020) ANALISIS STRATEGI MARK ETING FUNDING DI BMT AL – ITTIHAD TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER,PENGESAHAN,PERNYATAAN,DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

IRA ARISMAYA 2020, ANALISIS STRATEGI MARKETING FUNDING DI BMT AL-ITTIHAD TASIKMALAYA: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Marketing Funding, memegang peranan sangat penting di berbagai lembaga keuangan salah satunya, BMT (Baitul Mal Wat Tamwil). Marketing Funding bertugas menghimpun dana. Penghimpunan dana menentukan kelangsungan usaha baitul mal wat tamwi BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) sehingga (funding) menjadi bagian kegiatan operasional yang selalu mendapatkan perhatian serius dari setiap manajemen lembaga keuangan syariah. Terlebih dengan semakin ketatnya tingkat persaingan dalam merebut dana dari masyarakat, kegiatan penghimpunan dana disusun dengan basis perencanaan yang sangat tertata dimana setiap lembaga keuangan berlomba-lomba menawarkan produk simpanan yang memberikan manfaat ekonomi. Dalam rangka menawarkan produk simpanan (funding), Marketing Funding perlu melakukan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan dan mencapai target penghimpunan dana (funding). Strategi yang dapat digunakan untuk menghimpun dana yaitu strategi utama yang terdiri dari segmetasi, targeting dan positioning serta marketing mix (7P). peningkatan dan pencapaian target dapat terwujud apabila semua strategi tersebut dapat terlaksana dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi marketing funding di BMT Al-Ittihad Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing funding di BMT Al-Ittihad Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan dua sumber data yaitu sumber data primer yang terdiri dari Manajer, Marketing funding, dan beberapa nasabah. Sumber data sekunder yang terdiri dari dokumen, kertas kerja maupun foto yang didapat dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan instrument penelitian yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama dalam penelitian, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, conclusion drawing. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi marketing funding di BMT AlIttihad Tasikmalaya meliputi strategi utama dan marketing mix (7P). Pelaksanaan strategi utama yang terdiri dari segmentasi, targeting dan positioning. Dari ketiga strategi tersebut, dua strategi sudah optimal yaitu segmentasi dan targeting, sedangkan satu strategi belum optimal yaitu positioning. Marketing Funding juga melakukan marketing mix (7P) yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Dari ketujuh strategi tersebut empat sudah optimal yaitu price, place, process dan physical evidence. Sedangkan tiga strategi yang terdiri dari product, promotion, dan people belum optimal. Kata Kunci : Baitul Maal wat Tamwil, Strategi, Marketing, Funding

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mahasiswa universitas siliwangi
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:46
Last Modified: 01 Apr 2020 04:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item