NISA, NAILA CHOERUN (2024) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN GARUDA KOTA TASIKMALAYA AKIBAT ADANYA JALAN LINGKAR UTARA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (6kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (215kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (84kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Jalan Garuda Kota Tasikmalaya merupakan salah satu jalan yang menjadi akses menuju Jalan Lingkar Utara, dimana Jalan Lingkar Utara menjadi tujuan baru bagi masyarakat yang dapat memicu titik keramaian dan simpul ekonomi mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kinerja ruas Jalan Garuda akibat adanya Jalan Lingkar Utara dan memberikan alternatif penanganan jika terjadi kejenuhan dalam lima tahun kedepan dengan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2023). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa volume kendaraan tertinggi kondisi eksisting terjadi pada Senin, 13 Mei 2024 sebesar 1758,80 SMP/jam, sedangkan pada Tahun 2018 atau sebelum adanya Jalan Lingkar Utara terjadi pada Rabu, 05 Agustus 2018 sebesar 2356,65 SMP/jam. Hal ini menunjukan terjadinya penurunan angka volume lalu lintas pada Jalan Garuda setelah adanya Jalan Lingkar Utara dengan nilai kecepatan arus bebas (VB) = 36,68 km/jam, Kapasitas (C) = 2244,04 SMP/jam, dan derajat kejenuhan (DJ) = 0,78 (D). Hasil proyeksi lima tahun kedepan menunjukan terjadinya kenaikan nilai DJ pada tahun ke-4 sebesar 0,85 (D). Untuk menurunkan nilai DJ pada ruas jalan ini, dilakukan Solusi dengan menghilangkan/mengurangi kendaraan parkir atau berhenti di badan jalan (PSV) dan pengaturan jam operasional kendaraan. Hasil analisis alternatif solusi didapat kecepatan arus bebas (VB) naik dari 36,68 km/jam menjadi 37,05 km/jam, kapasitas (C) naik dari 2244,04 SMP/jam menjadi 2289,84 SMP/jam, dan derajat kejenuhan (DJ) pada tahun ke-4 turun dari 0,85 menjadi 0,83. Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, PKJI 2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14627 |
Actions (login required)
View Item |