ANALISIS KINERJA RUAS JALAN GARUDA KOTA TASIKMALAYA AKIBAT ADANYA JALAN LINGKAR UTARA

NISA, NAILA CHOERUN (2024) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN GARUDA KOTA TASIKMALAYA AKIBAT ADANYA JALAN LINGKAR UTARA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jalan Garuda Kota Tasikmalaya merupakan salah satu jalan yang menjadi akses menuju Jalan Lingkar Utara, dimana Jalan Lingkar Utara menjadi tujuan baru bagi masyarakat yang dapat memicu titik keramaian dan simpul ekonomi mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kinerja ruas Jalan Garuda akibat adanya Jalan Lingkar Utara dan memberikan alternatif penanganan jika terjadi kejenuhan dalam lima tahun kedepan dengan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2023). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa volume kendaraan tertinggi kondisi eksisting terjadi pada Senin, 13 Mei 2024 sebesar 1758,80 SMP/jam, sedangkan pada Tahun 2018 atau sebelum adanya Jalan Lingkar Utara terjadi pada Rabu, 05 Agustus 2018 sebesar 2356,65 SMP/jam. Hal ini menunjukan terjadinya penurunan angka volume lalu lintas pada Jalan Garuda setelah adanya Jalan Lingkar Utara dengan nilai kecepatan arus bebas (VB) = 36,68 km/jam, Kapasitas (C) = 2244,04 SMP/jam, dan derajat kejenuhan (DJ) = 0,78 (D). Hasil proyeksi lima tahun kedepan menunjukan terjadinya kenaikan nilai DJ pada tahun ke-4 sebesar 0,85 (D). Untuk menurunkan nilai DJ pada ruas jalan ini, dilakukan Solusi dengan menghilangkan/mengurangi kendaraan parkir atau berhenti di badan jalan (PSV) dan pengaturan jam operasional kendaraan. Hasil analisis alternatif solusi didapat kecepatan arus bebas (VB) naik dari 36,68 km/jam menjadi 37,05 km/jam, kapasitas (C) naik dari 2244,04 SMP/jam menjadi 2289,84 SMP/jam, dan derajat kejenuhan (DJ) pada tahun ke-4 turun dari 0,85 menjadi 0,83. Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, PKJI 2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:21
Last Modified: 08 Nov 2024 01:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item View Item