SUHAENDI, RIZKIANI DEWI (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI (ANGKATAN 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (335kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (735kB) |
|
Text
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUPO.pdf Download (57kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (82kB) |
|
Text
7. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (55kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (144kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (212kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (184kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
15. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Download (953kB) |
Abstract
Menurut WHO prevalensi stres tergolong cukup tinggi, yaitu berada pada urutan ke 4 di dunia atau dialami oleh 350 juta penduduk di dunia (Prabamurti et al., n.d, 2017). Prevalensi mahasiswa di dunia yang mengalami stres didapatkan sebanyak 38 - 71%, selanjutnya di Asia dilaporkan sebanyak 39,6-61,3% (Habeeb 2010, Koochaki 2009). Sedangkan, jumlah mahasiswa yang mengalami stres di Indonesia sendiri dilaporkan sebanyak 36,7 - 71,6% (Ningsih et al., 2018). Penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Variabel Dependen pada PeneIitian ini adalah Stres Akademik, sedangkan Variabel Independen adalah : Tuntutan Belajar, Beban Tugas, Kekhawatiran Nilai Akademik, Ekspetasi Diri, dan Keputusasaan. Pengambilan sampel yaitu pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi yang aktif dalam mengikuti perkuliahan. Skala stres akademik diukur menggunakan instrumen The EducationaI Stres ScaIe for AdoIescents (ESSA) yang dikembangkan oleh Sun et. aI. (2013). Skala ini terdiri dari 15 item yang penghitungannya menggunakan skala likert 4 poin. Metode SEM-PLS digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara stres akademik dengan berbagai faktor, tuntutan belajar memiliki nilai T Statistics (13,833) > T Table (1,96). beban tugas memiliki nilai T Statistics (8,423) > T Table (1,96). kekhawatiran niiai akademik memiliki nilai T Statistics (6,579) > T Table (1,96). ekspetasi diri memiliki nilai T Statistics (10,949) > T Table (1,96). keputusasaan memiliki nili T Statistics (10,016) > T Table (1,96). saran dan rekomendasi untuk mahasiswa agar bisa mengurangi stres akademiknya dengan mengimplementasikan beragam strategi manajemen diri secara efektif. Kata Kunci : Stres Akademik, Tuntutan Belajar, Beban Tugas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 07:10 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 07:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14458 |
Actions (login required)
View Item |