FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI (ANGKATAN 2019)

SUHAENDI, RIZKIANI DEWI (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI (ANGKATAN 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUPO.pdf

Download (57kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
7. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (55kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (212kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (184kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
15. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (953kB)

Abstract

Menurut WHO prevalensi stres tergolong cukup tinggi, yaitu berada pada urutan ke 4 di dunia atau dialami oleh 350 juta penduduk di dunia (Prabamurti et al., n.d, 2017). Prevalensi mahasiswa di dunia yang mengalami stres didapatkan sebanyak 38 - 71%, selanjutnya di Asia dilaporkan sebanyak 39,6-61,3% (Habeeb 2010, Koochaki 2009). Sedangkan, jumlah mahasiswa yang mengalami stres di Indonesia sendiri dilaporkan sebanyak 36,7 - 71,6% (Ningsih et al., 2018). Penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Variabel Dependen pada PeneIitian ini adalah Stres Akademik, sedangkan Variabel Independen adalah : Tuntutan Belajar, Beban Tugas, Kekhawatiran Nilai Akademik, Ekspetasi Diri, dan Keputusasaan. Pengambilan sampel yaitu pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi yang aktif dalam mengikuti perkuliahan. Skala stres akademik diukur menggunakan instrumen The EducationaI Stres ScaIe for AdoIescents (ESSA) yang dikembangkan oleh Sun et. aI. (2013). Skala ini terdiri dari 15 item yang penghitungannya menggunakan skala likert 4 poin. Metode SEM-PLS digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara stres akademik dengan berbagai faktor, tuntutan belajar memiliki nilai T Statistics (13,833) > T Table (1,96). beban tugas memiliki nilai T Statistics (8,423) > T Table (1,96). kekhawatiran niiai akademik memiliki nilai T Statistics (6,579) > T Table (1,96). ekspetasi diri memiliki nilai T Statistics (10,949) > T Table (1,96). keputusasaan memiliki nili T Statistics (10,016) > T Table (1,96). saran dan rekomendasi untuk mahasiswa agar bisa mengurangi stres akademiknya dengan mengimplementasikan beragam strategi manajemen diri secara efektif. Kata Kunci : Stres Akademik, Tuntutan Belajar, Beban Tugas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:10
Last Modified: 03 Oct 2024 07:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14458

Actions (login required)

View Item View Item