AGNIATULLAILA, WAFA (2024) MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrologi Kelas X di SMAN 10 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (77kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (62kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (123kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (135kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (146kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (349kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (330kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 10 Tasikmalaya yang diketahui masih belum terlaksananya implementasi Kurikulum Merdeka dikarenakan dalam proses pembelajaran masih kurang interaktif yang dibuktikan dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan metode demonstrasi dan jarang menggunakan alat peraga. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga serta bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi materi hidrologi kelas X di SMAN 10 Kota Tasikmalaya?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen yang didukung dengan penggunaan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 peserta didik dengan teknik pengambilan berupa purposive sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa t-test. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diketahui bahwa (1) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga yaitu terbagi 3 (tiga) tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam kegiatan inti terdapat 6 (enam) fase yang dimulai dari menyampaikan tujuan serta mempersiapkan peserta didik, menyajikan informasi, mengatur peserta didik dalam beberapa kelompok kecil, bekerja sama dalam kelompok, evaluasi, dan memberikan reward. 3 (tiga) tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup serta (2) berdasarkan perhitungan yaitu t hitung 5,166 > t tabel 0,2869 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sesuai dengan pengambilan keputusan uji independent sampel t-test maka Ho ditolak dan Ha diterima,maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di kelas X SMAN 10 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Demonstrasi, Alat Peraga.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:02 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 02:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14256 |
Actions (login required)
View Item |