MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrologi Kelas X di SMAN 10 Kota Tasikmalaya)

AGNIATULLAILA, WAFA (2024) MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrologi Kelas X di SMAN 10 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (62kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (135kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (349kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 10 Tasikmalaya yang diketahui masih belum terlaksananya implementasi Kurikulum Merdeka dikarenakan dalam proses pembelajaran masih kurang interaktif yang dibuktikan dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan metode demonstrasi dan jarang menggunakan alat peraga. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga serta bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi materi hidrologi kelas X di SMAN 10 Kota Tasikmalaya?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen yang didukung dengan penggunaan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 peserta didik dengan teknik pengambilan berupa purposive sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa t-test. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diketahui bahwa (1) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga yaitu terbagi 3 (tiga) tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam kegiatan inti terdapat 6 (enam) fase yang dimulai dari menyampaikan tujuan serta mempersiapkan peserta didik, menyajikan informasi, mengatur peserta didik dalam beberapa kelompok kecil, bekerja sama dalam kelompok, evaluasi, dan memberikan reward. 3 (tiga) tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup serta (2) berdasarkan perhitungan yaitu t hitung 5,166 > t tabel 0,2869 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sesuai dengan pengambilan keputusan uji independent sampel t-test maka Ho ditolak dan Ha diterima,maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di kelas X SMAN 10 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Demonstrasi, Alat Peraga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:02
Last Modified: 10 Sep 2024 02:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item