Nedyani, Keisya Fatina Fatia (2024) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT DALAM BUKU GITU AJA KOK REPOT: HUMOR-HUMOR GUSDUR KARYA ABDUR RAHMAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS X. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (66kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (149kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (361kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (291kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Struktur dan kaidah kebahasaan merupakan unsur penting yang terdapat pada teks anekdot dan merupakan kompetensi dasar pengetahuan yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X berdasarkan Kurikulum 2013 revisi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dapat tidaknya buku Gitu Aja Kok Repot: Humor-humor Gus Dur karya Abdur Rahman dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks anekdot di kelas X. Metode penelitian yang digunakan, yakni metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini menggambarkan deskripsi atau penjelasan mengenai data yang sudah diambil, lalu dianalisis berdasarkan fenomena yang terjadi. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketujuh sampel teks anekdot dari buku Gitu Aja Kok Repot: Humor-humor Gus Dur karya Abdur Rahman yang penulis teliti dan analisis sudah sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Struktur meliputi abstraksi, orientasi, krisis/komplikasi, reaksi, dan koda sedangkan kaidah kebahasaan meliputi kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu, kalimat yang menggunakan orang ketiga tunggal, kalimat yang menggunakan konjungsi hubungan waktu, kalimat yang menyatakan pernyataan retoris, kalimat yang menggunakan kata kerja/aksi, kalimat yang menyatakan kata perintah, dan kalimat yang menyatakan kalimat seru. Selain itu, ketujuh teks anekdot tersebut sudah sesuai dengan tingkat keterbacaan wacana pada jenjang peserta didik kelas X. Dengan demikian, hipotesis analisis penelitian ini dapat diterima, bahwa ketujuh teks anekdot yang ada di dalam buku teks anekdot Gitu Aja Kok Repot: Humor-humor Gus Dur karya Abdur Rahman ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar peserta didik di kelas X.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13954 |
Actions (login required)
View Item |