Elsi, Elsi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukahening Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (213kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (431kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (450kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (296kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
Abstract
Paradigma dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 Revisi, diorientasikan pada pembelajaran berbasis teks. Pada pembelajaran berbasis teks, peserta didik dituntut agar mampu mengekspresikan dirinya melalui menulis. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII adalah Kompetensi Dasar (KD) menulis puisi. Pemerolehan nilai peserta didik pada menulis puisi, masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran sinektik meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sukahening tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket, observasi, dan tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Sukahening. Hasil pengolahan data menunjukkan, siklus kesatu peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 8 orang (38,1%), dan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 13 orang (61,9%). Siklus kedua yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 16 orang (76,2%), dan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 5 orang (23,8%). Siklus ketiga meningkat signifikan, yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 21 orang (100%). Hasil penelitian yang penulis laksanakan menunjukkan perbedaan yang berarti (signifikan), berhasil, dan memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan uji analisis variansi (anava) bahwa dari ketiga siklus nilai F hitung 131,65 > F tabel 4,98. Artinya, model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sukahening tahun ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13912 |
Actions (login required)
View Item |