PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTU MEDIA NEARPOD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

APIP, INDRI ALPENTINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTU MEDIA NEARPOD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (227kB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan revolusi industri menuntut peserta didik untuk memiliki beberapa keterampilan berpikir tingkat tinggi agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Keterampilan berpikir kreatif menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi melalui penggunaan model pembelajaran yang aktif serta dipadukan dengan media yang mampu mendukung proses pembelajaran dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read, Answer, Discuss. Explain, and Create (RADEC) berbantu media nearpod terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 orang. Sampel penelitian di kelas XI MIPA 2 sebanyak 34 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI MIPA 1 sebanyak 34 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen keterampilan berpikir kreatif berbentuk soal uraian sebanyak 10 soal dan instrumen keterampilan kolaborasi berbentuk angket sebanyak 30 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial dan simultan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model RADEC berbantu media nearpod terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci: RADEC, nearpod, berpikir kreatif, kolaborasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:45
Last Modified: 29 Aug 2024 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

View Item View Item