HADIYANI, NISA (2024) PENGARUH CITIZEN SCIENCE PROJECT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN RISET DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (255kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (374kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (367kB) |
|
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (226kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (353kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (238kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (288kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (371kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (516kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Keterampilan riset dan pengetahuan prosedural perlu dikembangkan pada peserta didik dalam proses belajarnya. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan citizen science project yang merupakan suatu kegiatan yang melibatkan peserta didik untuk mengumpulkan data-data dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citizen science project dalam meningkatkan keterampilan riset dan pengetahuan prosedural peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMAN 4 Tasikmalaya, tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental research dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi seluruh kelas X sebanyak 350 peserta didik. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 70 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen (X-2) sebanyak 35 peserta didik dan kelas kontrol (X-4) sebanyak 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan test two-tier sebanyak 7 soal keterampilan riset dan essay sebanyak 3 soal pengetahuan prosedural. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ancova menunjukkan bahwa secara parsial, dengan pre-test sebagai kovariat atau tanpa pre-test, menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh citizen science project dalam meningkatkan keterampilan riset dan pengetahuan prosedural peserta didik pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Citizen science project, Keterampilan Riset, Pengetahuan Prosedural, Perubahan Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:46 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13783 |
Actions (login required)
View Item |