Firdaus, Tommy Rahmat (2024) PENERAPAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA PROTOTYPE SISTEM INFORMASI KATALOG PRODUK MATERIAL BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (483kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (172kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (84kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
07 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (95kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (82kB) |
|
Text
09 BAB 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
10 BAB 2.pdf Download (244kB) |
|
Text
11 BAB 3.pdf Download (387kB) |
|
Text
12 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
14 DAPUS.pdf Download (90kB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini, perkembangan tampilan antarmuka suatu aplikasi dalam bentuk website, desktop, dan mobile sangat beragam. Tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna menjadi aspek yang penting dalam pengembangan sebuah produk digital. Toko material bahan bangunan Bahagia Jaya, yang berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan salah satu produsen yang bergerak di bidang penjualan material bahan bangunan. Dalam proses penjualannya, Toko Bahagia Jaya masih menggunakan sistem penjualan konvensional untuk sistem informasi produk�produk yang dijual. Kurangnya pemanfaatan teknologi di era serba digital ini menyebabkan Toko Bahagia Jaya kesulitan bersaing dengan kompetitor lainnya. Oleh karena itu, aspek UI/UX (User Interface/User Experience) dalam pengembangan sebuah aplikasi memiliki peran penting dengan tujuan agar pengguna dapat merasakan kenyamanan dalam mengakses fitur yang tersedia. Pada penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Design Thinking untuk pengembangan rancangan prototype sistem informasi katalog produk berbasis web. Tahapan dari metode Design Thinking tersebut meliputi Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil akhir pengujian prototype menggunakan tools Useberry menunjukkan persentase keberhasilan mencapai 100%. Keseluruhan hasil data dari benchmark yang bermula dari data benchmark User Experience Questionnaire (UEQ) pada tahap Empathize mendapatkan kisaran 25% hasil terburuk yaitu kategori Bad menjadi kisaran 10% hasil terbaik kategori Good dalam set data benchmark User Experience Questionnaire (UEQ) user testing. Kata Kunci Design Thinking, User Experience, User Experience Questionnaire, User Interface
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13726 |
Actions (login required)
View Item |