Parid, Wilman (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN DAN MENYIMPULKAN UNSUR�UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVSION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Islam.Al- Ikhlas Cibalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (333kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (289kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (462kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (348kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (626kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (405kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Mengidentifikasi unsur pembangun dan menyimpulkan unsur pembangun teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas IX berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun pada kenyataannya peserta didik kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas Cibalong Kabupaten Tasikmlaya Tahun Ajaran 2023-2024 belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks cerita pendek pada peserta didik kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas Cibalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu perolehan nilai peserta didik pada KD 3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca, jumlah peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (64%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (36%). Pada KD 4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dalam teks cerita pendek yang dibaca dan didengar, jumlah peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (72%) dan jumlah peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 7 orang (28%). Siklus kedua pada KD 3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca dan didengar dan pada KD 4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dalam teks cerita pendek yang dibaca dan didengar, jumlah peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 25 orang (100%). Hasil Uji Wilcoxon menunjukan bahwa W (hitung ) (0) < W (tabel) dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun teks cerita pendek serta menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:02 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13379 |
Actions (login required)
View Item |