Putri, Vani Regina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVE WORKSHEET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSRESI (Studi Ekperimen Kelas XI MIPA SMA NEGERI 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (52kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (328kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (77kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35kB) |
|
Text
8 BAB I.pdf Download (109kB) |
|
Text
9 BAB II.pdf Download (366kB) |
|
Text
10 BAB III.pdf Download (854kB) |
|
Text
11 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
Text
12 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan live worksheet terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem eksresi di kelas XI MIPA SMAN 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Juli 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Manonjaya sebanyak enam kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 168 orang. Sampel penelitian di kelas XI MIPA 5 sebanyak 32 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI MIPA 4 sebanyak 32 orang peserta didik sebagai kelas kontrol Positif dan kelas XI MIPA 2 sebanyak 35 orang peserta didik sebagai kelas kontrol negatif. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian berupa essay untuk keterampilan proses sains dan tes pilihan majemuk untuk hasil belajar pada materi sistem eksresi. Tes ini berupa soal uraian sebanyak 8 soal untuk keterampilan proses sains dan 32 soal pilihan majemuk untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji least significant difference (LSD). Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikasi keterampilan Proses Sains kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,023 dan nilai signifikasi hasil belajar kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,007, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model model problem based learning berbantuan live worksheet terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem eksresi di kelas XI MIPA SMAN 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Live Worksheet, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:57 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13241 |
Actions (login required)
View Item |