PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN MICROSOFT EXCEL DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (Studi di LKP AL-Fattah Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)

MARDHOTILLAH, NADYA ANANDA (2024) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN MICROSOFT EXCEL DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (Studi di LKP AL-Fattah Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. Lembar Pertahanan Penguji.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. Pernyataan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. Motto dan Persembahan.pdf

Download (106kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (201kB)
[img] Text
8. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (47kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perkembangan zaman yang semakin maju dalam penggunaan teknologi, masyarakat dituntut untuk dituntut untuk bisa menggunakan Microsoft excel. Masyarakat yang mengikuti pelatihan hanya ingin sertifikat saja serta dalam pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan terdapat kekurangan anggota instruktur. Tujuan penelitian ini agar individu yang mengikuti pelatihan Microsoft excel mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang bisa digunakan sehari-hari atau pekerjaannya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari lima informan. Hasil penelitian diketahui Perencanaan yang disusun dalam pembuatan program dibuat dengan analisis program terlebih dahulu dan kurikulum mengacu pada SKKNI ditunjang oleh sarana prasarana yang memadai dengan biaya terjangkau, serta perekrutan instruktur juga peserta didik yang efektif sehingga perencanaan program Microsoft excel di LKP Al-Fattah bisa dikatakan baik, Pada tahap pelaksanaan, bahan ajar disusun terlebih dahulu sesuai kesepakatan instruktur dan pengelola dibantu dengan menggunakan media proyektor dan komputer sebagai penunjang materi ajar yang telah dipersiapkan serta sumber yang menggunakan metode observasi, ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran dengan kurun waktu 1 bulan 8 kali 2 pertemuan 60 menit disertai jalinan komunikasi dan pemberian motivasi antara pengelola, instruktur dan peserta didik sehingga pelaksanaan pelatihan berjalan dengan cukup baik. Terakhir, untuk evaluasi dilaksanakan secara rutin oleh instruktur setelah kegiatan menggunakan tes tulis dan uji kompetensi yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman terhadap pengoperasian Microsoft excel. Simpulan dari pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh lembaga berjalan cukup baik dengan adanya pengaruh terhadap peserta didik dan relevansi didalam dunia kerja. Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Pelatihan, Microsoft Excel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:53
Last Modified: 14 Aug 2024 08:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item