Azzahra, Fatima Rosaphira (2024) PENGARUH PARTISIPASI PESERTA BINA KELUARGA BALITA TERHADAP PEMAHAMAN PERKEMBANGAN ANAK (Studi pada Ibu Peserta Binaan Program Bina Keluarga Balita (BKB) Dahlia, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Cikalang Desa, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PENGUJI.pdf Download (474kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENYATAAN.pdf Download (317kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
06 ABSTRACT.pdf Download (203kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (307kB) |
|
Text
08 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (329kB) |
|
Text
09 DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.pdf Download (209kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (206kB) |
|
Text
12 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
13 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (446kB) |
|
Text
14 BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (495kB) |
|
Text
15 BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (621kB) |
|
Text
16 BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
|
Text
17 BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Orang tua senantiasa dihadapkan dengan tantangan perkembangan anak yang harus sesuai dengan tonggak usia yang seharusnya, sehingga Ibu dituntut untuk memiliki pemahaman yang baik mengenai perkembangan anak. Namun faktanya, tidak semua Ibu memiliki pemahaman dalam memberikan stimulasi perkembangan yang tepat untuk anak. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan pemahaman Ibu mengenai perkembangan anak dengan berpartisipasi secara aktif dalam program Bina Keluarga Balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi peserta Bina Keluarga Balita terhadap pemahaman perkembangan anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh dengan mengambil seluruh populasi yaitu sebanyak 40 orang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung pada variabel partisipasi peserta Bina Keluarga Balita sebesar 5,176 > nilai ttabel 2,024. Sedangkan nilai probabilitasnya 0,000 < alpha 0,05 atau 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisiensi pada variabel bebas sebesar 0,643 bertanda positif terhadap variabel terikat. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat partisipasi peserta Bina Keluarga Balita maka semakin tinggi pula tingkat pemahaman perkembangan anak. Lalu kontribusi variabel partisipasi peserta Bina Keluarga Balita terhadap pemahaman perkembangan anak sebesar 41,3%, sedangkan sisanya sebesar 58,7% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Serta, hasil korelasi menunjukkan partisipasi peserta Bina Keluarga Balita dengan pemahaman perkembangan anak memiliki hubungan yang kuat. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa partisipasi peserta Bina Keluarga Balita berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pemahaman perkembangan anak. Kata Kunci: Partisipasi, Bina Keluarga Balita, Perkembangan Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13148 |
Actions (login required)
View Item |