ALAWIYAH, PARIDAH (2024) PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-MADINAH DI KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2001-2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (157kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (74kB) |
|
Text
03 Lembar Penguji.pdf Download (56kB) |
|
Text
04 Lembar Pernyataan.pdf Download (79kB) |
|
Text
05 Abstrak.pdf Download (117kB) |
|
Text
06 Abstract.pdf Download (117kB) |
|
Text
07 Kata Pengantar.pdf Download (212kB) |
|
Text
08 Ucapan Terima Kasih.pdf Download (186kB) |
|
Text
09 Daftar Isi.pdf Download (230kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar.pdf Download (115kB) |
|
Text
11 Daftar Tabel.pdf Download (116kB) |
|
Text
12 Daftar Grafik.pdf Download (117kB) |
|
Text
13 Daftar Lampiran.pdf Download (116kB) |
|
Text
14 BAB 1.pdf Download (294kB) |
|
Text
15 BAB 2.pdf Download (575kB) |
|
Text
16 BAB 3.pdf Download (636kB) |
|
Text
17 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
18 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
19 Daftar Pustaka.pdf Download (192kB) |
|
Text
20 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Modernisasi kabupaten Cianjur berdampak pada kemajuan lembaga pondok pesantren yang harus berinovasi sesuai dengan zamannya. Pondok pesantren Al�Madinah salah satu pondok pesantren yang berinovasi mengubah manajemennya dari salafi menjadi khalafi. Pondok tersebut mulai dirintis pada tahun 1999 oleh Farid Madani dan Nunung Nurhikmah. Sejak pendiriannya hingga tahun 2020 mengalami perkembangan pada sistem pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk 1) mengetahui awal pendirian pondok pesantren Al-Madinah tipe salafi di Kabupaten Cianjur tahun 2001-2010; 2) untuk mengetahui perkembangan sistem pendidikan pondok pesantren Al-Madinah tipe khalafi di Kabupaten Cianjur tahun 2011- 2020; 3) untuk mengetahui kontribusi pondok pesantren Al-Madinah tipe salafi dan khalafi dalam pendidikan dan sosial di Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan yakni metode penelitian historis teridiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi. Pengumpulan data pada skripsi ini dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui 1) awal mula berdirinya pondok pesantren Al-Madinah yakni majelis ta’lim nurul hidayah yang didirikan oleh Sanusi, kemudian dikelola oleh Farid Madani menjadi pondok pesantren, pada awal pendirian tahun 2001-2010 memilki tipe salafi, namun mengalami perkembangan pada tahun 2011-2020 menjadi khalafi dengan mengubah segala manajemen pondok pesantrennya; 2) perkembangan pondok pesantren terjadi dalam bidang sarana prasarana dan kurikulum. Setiap tahunnya sarana dan prasarana bertambah dan memiliki dua kurikulum yakni kurikulum pondok pesantren dan kurikulum nasional. Pondok pesantren Al-Madinah mengintegrasikan kurikulum pesantren kedalam kurikulum nasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu sorogan, bandongan/wetonan dan halaqoh yang digunakan pada kedua tipe pondok pesantren; 4) kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pondok pesantren Al-Madinah memiliki kontribusi untuk masyarakat dalam bidang pendidikan dan sosial. Kata Kunci : Khalafi, Pondok Pesantren, Salafi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13111 |
Actions (login required)
View Item |