Maharani, Deby Amalia (2024) GONGBU APPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KATA KERJA BAHASA KOREA BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
[1]COVER.pdf Download (119kB) |
|
Text
[2]LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (203kB) |
|
Text
[3]LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (195kB) |
|
Text
[4]LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
[5]ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text
[6]KATA PENGANTAR.pdf Download (155kB) |
|
Text
[7]DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
[8]DAFTAR TABEL.pdf Download (88kB) |
|
Text
[9]DAFTAR GAMBAR.pdf Download (86kB) |
|
Text
[10]DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
[11]BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
[12]BAB II.pdf Download (381kB) |
|
Text
[13]BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
[14]BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
[15]BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
[16]DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text
[17]LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar-mengajar yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan keterampilan pelajar. Dalam proses pembelajaran Bahasa Korea pula media konvensional yang digunakan seperti buku masih memerlukan adanya pengajar/guru untuk memeragakan pengucapan kata kerja dalam Bahasa Korea yang benar dan juga menjelaskan materi yang ada pada buku. Tujuan penelitian ini yaitu membangun sebuah aplikasi media pembelajaran yang dapat menyajikan materi kata kerja Bahasa Korea dengan mudah dan menarik agar dapat membantu orang – orang di luar sana yang memiliki kesulitan ingin mempelajari materi tersebut berbasis android. Sistem operasi android pada smartphone mudah untuk digunakan dan dapat dibawa kemana saja, sehingga aplikasi pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kemandirian pelajar karna mudah diakses oleh smartphone yang dimiliki oleh pelajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode MDLC terdapat beberapa tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Pengujian pun dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian SUS terhadap 40 responden memperoleh hasil akhir 86. Aplikasi termasuk kategori “acceptable” dengan precentile rank kisaran 96%, memiliki adjective “best imagineable” dan NPS “promoter”. Kata Kunci: MDCL, Android, Kata Kerja Korea, System Usability Scale
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 06:45 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 06:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12286 |
Actions (login required)
View Item |