GONGBU APPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KATA KERJA BAHASA KOREA BERBASIS ANDROID

Maharani, Deby Amalia (2024) GONGBU APPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KATA KERJA BAHASA KOREA BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
[1]COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
[2]LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
[3]LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
[4]LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
[5]ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
[6]KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
[7]DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
[8]DAFTAR TABEL.pdf

Download (88kB)
[img] Text
[9]DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
[10]DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
[11]BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
[12]BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
[13]BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
[14]BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
[15]BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
[16]DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
[17]LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar-mengajar yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan keterampilan pelajar. Dalam proses pembelajaran Bahasa Korea pula media konvensional yang digunakan seperti buku masih memerlukan adanya pengajar/guru untuk memeragakan pengucapan kata kerja dalam Bahasa Korea yang benar dan juga menjelaskan materi yang ada pada buku. Tujuan penelitian ini yaitu membangun sebuah aplikasi media pembelajaran yang dapat menyajikan materi kata kerja Bahasa Korea dengan mudah dan menarik agar dapat membantu orang – orang di luar sana yang memiliki kesulitan ingin mempelajari materi tersebut berbasis android. Sistem operasi android pada smartphone mudah untuk digunakan dan dapat dibawa kemana saja, sehingga aplikasi pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kemandirian pelajar karna mudah diakses oleh smartphone yang dimiliki oleh pelajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode MDLC terdapat beberapa tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Pengujian pun dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian SUS terhadap 40 responden memperoleh hasil akhir 86. Aplikasi termasuk kategori “acceptable” dengan precentile rank kisaran 96%, memiliki adjective “best imagineable” dan NPS “promoter”. Kata Kunci: MDCL, Android, Kata Kerja Korea, System Usability Scale

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:45
Last Modified: 07 Mar 2024 06:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12286

Actions (login required)

View Item View Item