Fitriani, Nurul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN BLOCK PROGRAMMING DAN ALGORITMA FISHER YATES UNTUK MATERI BANGUN DATAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (204kB) |
|
Text
2 Lembar pengesahan.pdf Download (497kB) |
|
Text
3 Penguji.pdf Download (477kB) |
|
Text
4 Pernyataan.pdf Download (443kB) |
|
Text
5 Abstrak.pdf Download (187kB) |
|
Text
6 Motto.pdf Download (376kB) |
|
Text
7 Kata pengantar.pdf Download (403kB) |
|
Text
8 Daftar isi.pdf Download (239kB) |
|
Text
9 Bab 1.pdf Download (216kB) |
|
Text
10 Bab 2.pdf Download (542kB) |
|
Text
11 Bab 3.pdf Download (252kB) |
|
Text
12 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
14 Daftar pustaka.pdf Download (427kB) |
|
Text
15 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam dunia pendidikan, kurikulum digunakan sebagai seuatu program untuk mengatur keberlangsungan proses pembelajaran di dalam kelas. Saat ini Kemendikbudristek sudah mulai mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun ajaran 2021/2022. Namun proses transisi kurikulum merdeka dari kurikulum 2013 masih belum menyeluruh di seluruh sekolah, salah satunya di SMP Negeri 1 Cisayong. Terjadinya krisis pembelajaran Learning Loss akibat pandemic Covid-19 berdampak pada semangat belajar siswa yang menurun yang mengakibatkan daya tangkap siswa terhadap pembelajaran pun ikut menurun, terutama pada mata pelajaran Matematika yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Pada kurikulum merdeka ini, dalam penerapan nya harus didukung dengan penyediaan sumber bahan ajar dan perangkat ajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam persiapan menghadapi kurikulum merdeka di tengah terjadinya krisis pembelajaran yang terjadi di lingkungan sekolah dengan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam bentuk sebuah aplikasi menggunakan teknik blok programming pada software Kodular yang dilengkapi dengan soal quiz yang telah diacak menggunakan algoritma Fisher Yates. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode Luther (1994) yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini melakukan pengujian pada aplikasi yang telah dikembangkan menggunakan pengujian Alpha Beta Testing untuk menguji fungsionalitas dan usability aplikasi. Alpha Testing dilakukan menggunakan Black Box Testing dan Beta Testing dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden sebanyak 36 orang dan diperoleh jumlah rata-rata skor SUS sebesar 72 yang artinya aplikasi dapat diterima dengan grade C dalam kategori baik (Good). Kata Kunci: Block Programming, Fisher Yates, Matematika, Multimedia, \Kodular
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 04:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 04:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12282 |
Actions (login required)
View Item |