PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS, Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023)

RAHAYU, TIA DESTIANI (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS, Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (346kB)
[img] Text
KATA_PENGANTAR_DKK.pdf

Download (651kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa. Metode penelitian menggunakan survey dengan desain deskriptif . Populasi yang merupakan peserta didik SMA Negeri 4 Tasikmalaya, sejumlah 165 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionated random sampling, sehingga sampel yang diambil total ialah sebanyak 117 orang, yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, uji statistik menggunakan analisis jalur atau path analysis, yang terdapat hipotesis secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil perhitungan hipotesis secara langsung menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar, efektivitas media pembelajaran terhadap motivasi belajar, serta motivasi belajar terhadap hasil belajar. 2) Hasil perhitungan hipotesis secara tidak langsung menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektifitas media pembelajaran terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Kata Kunci: Efektifitas , Motivasi, Hasil , Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:21
Last Modified: 27 Feb 2024 07:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item