NINGRUM, TEZA LESTARI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (217kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf Download (305kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (303kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (333kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (712kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. DAPTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment dan bentuk desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah kelas X MIPA SMA Islam Cipasung tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 instrumen yang sudah divalidasi yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, angket CSAT (Collaboration Self-Assessment Tool) dan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji One way ANOVA. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung. Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Kolaborasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 04:12 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 04:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11895 |
Actions (login required)
View Item |