PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2022/2023)

NINGRUM, TEZA LESTARI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (712kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. DAPTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment dan bentuk desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah kelas X MIPA SMA Islam Cipasung tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 instrumen yang sudah divalidasi yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, angket CSAT (Collaboration Self-Assessment Tool) dan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji One way ANOVA. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung. Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Kolaborasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:12
Last Modified: 31 Jan 2024 04:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item