ANGGINI, ANGGUN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS APLIKASI MINDJET MINDMANAGER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. ABSTRACK.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (304kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat, kesulitan yang dialami oleh guru fisika dalam pemanfaatan teknologi dan perlunya media pembelajaran yang inovatif, siap pakai, dan menarik untuk membantu mempermudah siswa memahami materi fisika. Sejalan dengan hal tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan pengembangan media pembelajaran mind map berbasis aplikasi Mindjet MindManager. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan mind map berbasis aplikasi Mindjet MindManager pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dibatasi hanya sampai tahap develop. Tahapan penelitian ini mencakup define, design, dan develop. Pendefinisian (define) adalah tahap awal pengembangan media yang didasarkan pada analisis awal, analisis kebutuhan siswa, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Perancangan (design) adalah tahap kedua dari pengembangan media ini yang bertujuan untuk menghasilkan desain awal dari media yang akan dikembangkan. Tahap berikutnya adalah pengembangan (develop) meliputi pembuatan media mind map, validasi media oleh validator ahli materi dan ahli media kemudian selanjutnya dilakukan tahap uji coba kepada siswa dengan menyebar angket respon siswa terhadap media kepada 36 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan skala Likert untuk analisis validitas dan kepraktisan media. Rata-rata nilai akhir keseluruhan validasi ahli materi sebesar 88,4% dengan kriteria sangat valid dan rata-rata akhir keseluruhan validasi ahli media sebesar 87,3% dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata nilai akhir keseluruhan kepraktisan produk oleh siswa sebesar 89,2% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian mind map berbasis aplikasi Mindjet MindManager yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam tahap akhir pembelajaran fisika sebagai media dalam membantu memperjelas secara singkat materi yang disampaikan. Kata kunci: Media pembelajaran, Mindjet MindManager, Mind Map
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 08:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 08:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11874 |
Actions (login required)
View Item |